Mitra Water

Solusi Kebutuhan dan Perawatan Air Anda

Pasir Silika Untuk Filter Air? Kenali 4 fakta Menariknya!

Pasir silika untuk filter air? pasti sering kita dengar bukan? Faktanya manusia sangat bergantung dengan keberadaan dan ketersediaan air, terlebih air bersih. Oleh karena itu, jika kualitas air tidak mendukung atau kelayakan air menurun, dapat berpengaruh terhadap kesehatan manusia. Khususnya di jaman yang sudah berkembang ini, permasalahan air bukan menjadi momok yang menakutkan lagi. Karena sudah banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi berbagai permasalahan air, salah satunya memanfaatkan hasil tambang bumi yaitu pasir silika atau pasir kuarsa/kwarsa.

Sebagai media utama untuk tahap proses pemfilteran air, Pasir silika memiliki peran yang penting untuk hasil air yang berkualitas. Karena itu pasir silika wajib memiliki kualitas yang terbaik dan bersih terbebas dari pengotor organik atau anorganik. Berikut 4 fakta mengapa pasir silika bagus untuk media filter air / pengolahan air:

Pasir silika memiliki bermacam-macam ukuran

Ukuran Pasir Silika

Pasir silika memiliki beragam variasi ukuran dan setiap ukuran memiliki fungsi masing-masing. Berikut macam ukuran pasir silika antara lain :

Kegunaan pasir silika sesuai ukurannya tersendiri contohnya ukuran 8-16 mesh dan 14-20 mesh, pada umumnya berguna untuk proses pengolahan air. Pastinya, kondisi tersebut sudah sesuai dengan partikel-partikel kotoran pada air yang dapat kita lihat, Sehingga cukup mudah sekali bagi pasir silika menyaring kotoran yang ada pada air. Sehingga, dapat kita simpulkan bahwa pasir silika memang media terbaik untuk melakukan proses filter air, dan menghasilkan air yang berkualitas.

Pasir silika dapat menurunkan total suspended solid (TSS) pada filter air

5 jenis bakteri dengan superpower (Foto : List Verse) from : https://inews.id

Fakta berikutnya adalah karakteristik pasir silika yang dapat menurunkan total suspended solid (TSS) dalam air yang akan melalui proses penyaringan. Jenis TSS sendiri terbagi menjadi berbagai macam, yaitu

  • lumpur,
  • tanah liat,
  • logam oksida,
  • sulfida,
  • ganggang,
  • bakteri dan jamur.

Mengutip penelitian yang dilakukan oleh Indra Suliastuti, S.P Abrina Anggraini dan Taufik Iskandar dengan judul : “PENGARUH PERBANDINGAN JUMLAH MEDIA FILTER (Pasir Silika, Karbon Aktif, Zeolit) DALAM KOLOM FILTRASI TERHADAP KUALITAS AIR MINERAL”. Berikut tabel hasil penelitian yang telah dilakukan :

Massa Media Filter Pasir silika (gr)Karbon aktif (gr)Zeolit (gr)Kekeruhan (NTU)Warna (Pt-Co)Konsentrasi Suspended Solid (ppm)
100150015003,9231,23,79
150150015003,7529,63,7
375150015003,0420,963,51
750150015002,9517,23,637
1500150015001,987,92,8019
Tabel Perbandingan tiga media filter (pasir silika, karbon aktif, zeolit)

Dapat diketahui bahwa pada tabel 3 dengan menambah massa pasir silika dalam tahap awal proses filter air terbukti dapat menurunkan konsentrasi total suspended solid (TSS) pada air. Yang mana pada air, total suspended solid (TSS) dapat berpengaruh pada kehidupan manusia dalam waktu singkat atau waktu yang cukup lama, dan kemampuan pasir silika tidak  diragukan lagi dalam merubah kandungan itu.

Limbah deterjen dalam air dapat hilang dengan pasir silika

Ilustrasi limbah deterjen. / SToa55 /Shutterstock

Kondisi sungai di Indonesia yang sudah banyak didominasi dengan limbah industri, limbah industri menyebabkan air sungai tidak layak jika dipergunakan langsung untuk kebutuhan mandi, cuci, kakus atau kegiatan manusia yang membutuhkan air.

Banyaknya jenis limbah yang sudah mencemari sungai pada saat ini termasuk limbah deterjen, dan beribu kali solusi dilakukan pemerintah setempat dan pemilik industri untuk menanggulangi masalah tersebut, ternyata pasir silika memiliki peran penting dalam mengurangi kandungan limbah deterjen pada air. Yang kemudian air dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat setempat.

Pasir silika dapat menghilangkan air yang berlumpur

Air berlumpur selalu menjadi permasalahan yang membuat semua orang tidak akan pernah tenang, air berlumpur banyak mengandung senyawa berbahaya. Apabila tampilan dari warna airnya saja sudah tidak enak dilihat, dengan kondisi warna air yang seperti itu. Dengan penggunaan air yang berlumpur seperti itu dalam jangka panjang, tentunya akan menyebabkan gangguan-gangguan kesehatan yang bisa berdampak negatif hingga kematian. Karena itu menggunakan media filter pasir silika dengan kandungan silika yang tinggi diatas 96% dapat mengurangi air yg berlumpur dan menghasilkan air yang jernih.

Dari beberapa fakta di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa pasir silika memiliki keunggulan untuk memfilter air  yaitu mengurangi lumpur, menurunkan total suspended solid dan menyaring segala kotoran makro pada air.

Sedangkan untuk memaksimalkan hasil dari proses filter, perlu adanya media filter air lainnya, seperti karbon aktif, zeolit, resin, manganeese greensand dan lain-lain, untuk menghasilkan air yg berkualitas bersih, tidak berbau, dan tidak berwarna. Pertanyan perihal media filter langsung bisa chat via whatsapp ke admin mitra water di 081230932803 / 082233334224.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »
error: Content is protected !!