Mitra Water

Solusi Kebutuhan dan Perawatan Air Anda

Cara Membuat Pasir Kinetik dengan Pasir Silika

Halo, sobat, bagaimana kabar kalian? semoga tetap sehat dan tetap semangat ya. Sobat, kali ini kita akan membahas tentang kegunaan lain dari pasir silika. Kalau di postingan-postingan sebelumnya kita sudah membahas kegunaan yang umumnya kita ketahui dari pasir silika, kali ini sedikit berbeda. Pasir silika bisa kita manfaatkan untuk membuat pasir kinetik untuk mainan anak-anak.

Anak-anak biasanya suka untuk memegang benda yang ada di sekitar mereka. Benda-benda tersebut tentunya memiliki tekstur yang bermacam-macam dan juga warna yang beraneka ragam. Hal itu menjadikan pasir kinetik cocok untuk teman bermain anak-anak karena memiliki tekstur dan juga warna-warni yang kontras. Pasir kinetik tidak selalu harus kita dapat dengan cara membeli, dengan kemudahan mendapat informasi, sekarang sobat bisa lo membuat pasir kinetik dari pasir silika.

Pemilihan pasir silika sangat tepat karena memiliki ukuran yang bervariasi dan mudah untuk kita jumpai pada toko-toko terdekat. Penjual pasir silika dapat kalian temukan di toko filter air, toko perlengkapan akuarium atau produsen grosir batu dan pasir silika. Nah, di toko-toko tersebut juga bermacam-macam nih, ada yang menjual secara eceran, ada juga yang tidak. Kebutuhan pasir silika untuk membuat pasir ajaib tidak banyak kok, kecuali kalau kalian ingin membuat dengan jumlah banyak.

Cara Mudah Membuat Pasir Kinetik dengan Bahan Baku Pasir Silika

Perkembangan jaman saat ini selaras dengan beragamnya mainan untuk anak-anak dan dari yang berbahan plastik maupun dari pasir. Mainan anak-anak yang sedang populer saat ini adalah pasir kinetik. Pasir kinetik biasa kita dengar dengan sebutan pasir ajaib, dari wikipedia indonesia pasir kinetik adalah sebuah mainan yang terbuat dari pasir yang bercampur dengan komponen hidrofobik. Campuran dari komponen hidrofobik tersebut menyebabkan butir-butir pasir menyatu satu sama lain dan membentuk silinder (untuk meminimalisir ruang permukaan) saat kita masukkan ke air. Saat pasir kita angkat dari air, pasir tersebut sepenuhnya kering dan masih menderas saat dijatuhkan.

Pasir silika yang kebanyakan sering kita ketahui hanya untuk kebutuhan industri dan rumah tangga, ternyata bisa kita manfaatkan untuk bahan mainan anak-anak yaitu pasir kinetik. Pasir silika yang kita gunakan untuk pasir ajaib berukuran mesh 30 up karena untuk pembuatan pasir ajaib butuh karakter yang halus seperti pasir pantai. Berikut bahan dan cara pembuatan pasir kinetik dengan pasir silika:

Pasir Silika untuk Bahan Dasar Membuat Pasir Kinetik

Pada umumnya pasir yang bisa untuk kita gunakan dalam pembuatan pasir ajaib adalah pasir bertekstur lembut dan bersih.

Lem Kertas Liquid

Lem kertas berguna untuk cairan dasar pasir ajaib, yang dapat menyatukan bahan-bahan lain termasuk pasir silika.

Air Bersih

Berikan air secukupnya untuk menguraikan kekentalan pada lem.

Shampo agar Pasir Kinetik Tidak Bau Lem

Teteskan 4 tetes shampo agar meminimalisir bau dari lem kertas.

Pewarna Makanan

Pewarna makanan membuat adonan dasar semakin menarik.

Gom

Gom adalah salah satu aktivator agar adonan tidak semakin lengket. Teteskan gom sesuai kebutuhan dan pastikan adonan sudah tidak terlalu lengket dan mudah diangkat.

Cara membuat :

  1. Cuci pasir silika mesh 30 up sampai bersih, setelah itu keringkan langsung di bawah matahari
  2. Di wadah berbeda tuangkan lem kertas povinal tambahkan air kemudian aduk hingga rata
  3. Setelah tercampur rata beri shampo sekitar 4 tetes, aduk merata
  4. Kemudian beri kurang lebih 2 tetes pewarna makanan agar warna lebih menarik
  5. Teteskan gom sesuaikan dengan teksturnya sampai kalis
  6. Setelah adonan lem kalis, bentukan sudah menyerupai slime kemudian tuangkan pasir silika mesh 30 up yang telah kering sebanyak 5 sendok makan.
  7. Tambahkan lagi pasir silika hingga adonan slime tertutup sempurna, tarik adonan sampai semua terbalur dengan pasir silika.
  8. Pasir kinetik sudah jadi dan siap cetak dengan beberapa bentuk.

Begitulah bahan dan cara membuat pasir kinetik dengan memanfaatkan pasir silika, yang mana pasir silika pada era saat ini sangat mudah kita dapatkan. Dengan berbagai macam ukuran pasir silika, yang dapat kita gunakan untuk pembuatan pasir kinetik adalah ukuran 80-100 mesh, 60-80 mesh, 40-60 mesh atau yang lebih halus lagi.

Nah, jika teman-teman ada yang penasaran dengan artikel-artikel pasir silika lainnya seperti pengetahuan umum tentang pasir silika, manfaat lain dari pasir silika, kegunaan pasir silika atau kreasi dengan pasir silika silahkan klik di tautan berikut.

Dan buat kalian yang penasaran dengan harga pasir silika atau pertanyaan lainnya seperti dimana jual pasir silika murah atau dimana produsen grosir batu pasir silika silahkan klik disini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »
error: Content is protected !!