Mitra Water

Solusi Kebutuhan dan Perawatan Air Anda

Air Bersih di Indonesia? 8 Cara Membantu Kelestarian Alam

Air bersih di Indonesia merupakan suatu bagian yang penting bagi kehidupan. Dengan adanya air, manusia bisa melakukan aktifitas sehari-hari sesuai kebutuhan dan bisa mengkonsumsinya agar tetap hidup. Tidak hanya manusia saja yang membutuhkan air, makhluk hidup lainnya sangat membutuhkan keberadaan air.

Dapat kita perhatikan bahwa sebagian bumi tempat kita tinggal saat ini hampir seluruhnya terisi oleh air, sehingga bisa kita simpulkan bahwa air sudah menjadi denyut nadi untuk penghidupan manusia. Karena itu, perlu adanya pelestarian dan menjaga keberadaan air di bumi, sehingga tidak sampai terjadi bencana dan pencemaran air. Berikut cara menjaga kelestarian air agar memenuhi kelangsungan makhluk hidup.

Menjaga Lingkungan untuk Air Bersih di Indonesia

Lingkungan Asri Terlihat dari Kualitas Air
Air Bekualitas Ciri Lingkungan Bersih

Menjaga lingkungan adalah salah satu bentuk menghargai keberadaan air, dengan menjaga dan memperhatikan kondisi lingkungan, sangat berpengaruh terhadap sumber air yang ada. Terutama pada kondisi sungai-sungai, sungai yang mengandung banyak sampah dan banyak tercemar oleh limbah sangat berpengaruh pada kualitas air yang akan melalui proses pengolahan nantinya.

Bijak dalam Menggunakan Air Bersih

Menggunakan Air Bersih secara Bijak
Menggunakan Air dengan Bijak

Penggunaan air secara bijak, salah satu usaha untuk tetap menjaga persediaan air tetap ada. Terutama dalam penggunaan sehari-hari seperti mandi, mencuci kendaraan, memasak dan lain-lain. Semakin kita bijak dan menggunakan air seperlunya dan tidak boros maka semakin kita berperan membantu pelestarian lingkungan dan air di masa yang akan datang.

Membuang Sampah pada Tempatnya

Membuang Sampah pada Tempatnya
Membuang Sampah pada Tempatnya

Sama dengan penyebab banjir dan terjadinya pencemaran air adalah sampah yang mengotori sungai. Sungai yang penuh dengan sampah maka air mudah tercemar dan menyebabkan air kotor, serta dapat menyumbat aliran sungai dan selokan. Dengan kondisi demikian kelangsungan hidup manusia akan terganggu dan ruang publik untuk kehidupan dan menurunnya kelayakan air.

Penempatan Limbah Bahan Kimia dengan Benar

Penempatan Limbah Bahan Kimia dengan Benar
Manajemen Pengolahan Limbah Bahan Kimia

Limbah bahan kimia yang sudah tidak terpakai jika dalam pembuangannya sembarangan, atau membuang ke sungai secara langsung atau sumber-sumber air yang bisa mencemari air di sekitarnya dapat mencemari air di sekitarnya. Bisa berdampak besar terhadap air yang sudah bercampur dengan bahan kimia.

Mendaur Ulang Bahan Bekas

Mendaur Ulang Bahan Bekas
Daur Ulang Bahan Bekas

Barang yang bisa di daur ulang biasanya berupa botol air minum kemasan atau plastik bekas makanan. Namun banyak terabaikan oleh sebagian orang bahwa mendaur ulang memiliki banyak keuntungan. Salah satunya dari barang tersebut yang sudah tidak memiliki nilai guna namun bisa menjadi barang yang bermanfaat dan bahkan layak dijual di pasar indonesia sampai luar negeri. Agar barang tersebut tidak menjadi pemandangan di laut.

Mencegah Penebangan Pohon Secara Liar

Mencegah Penebangan Pohon secara liara
Menebang Pohon secara Ilegal Berdampak Negatif pada Alam

Penebangan pohon secara liar dan menebang pohon-pohon yang ada di hutan dapat mengakibatkan tercemarnya sumber-sumber mata air yang ada di sekitarnya. Yang akan berakibat sumber mata air tidak bisa di konsumsi lagi oleh makhluk hidup sehingga dapat menggangu kelangsungan makhluk hidup kedepannya. Dan ekosistem di sekitar hutan tersebut menjadi tidak seimbang.

Menjaga Stabilitas Ketersedian Sumber Air Bersih di Indonesia

Menjaga Kestabilan Air
Sumber Air Bersih

Memperhatikan stabilitas sumber-sumber yang mengandung air yang ada demi menjaga kelestarian air. Hal ini sangat berpengaruh penting demi kelangsungan makhluk hidup, sehingga makhluk hidup terjamin kelangsungan hidupnya. Saat ini kita bisa lebih memperhatikan kondisi laut, yang bagaimana menjadi sumber air terbesar saat ini.

Menciptakan Lingkungan yang Asri

Menciptakan Lingkungan yang Asri
Lingkungan Asri dan Peran Manusia Mewujudkannya

Lingkungan asri mampu menyeimbangkan ekosistem, pohon dan tanaman tumbuh dengan subur, perairan tidak mudah tercemar dan bersih. Usaha dalam menciptakan lingkungan asri ialah bisa dimulai dari lingkungan rumah kita sendiri, dengan menanam tanaman dan pohon, rajin membersihkan selokan dan saluran pada rumah. Begitu juga dengan sektor air yang dipakai dan dikonsumsi, sehingga air yang dikonsumsi dan dipergunakan menjadi lebih berkualitas.

Selain dari cara di atas, kita juga dapat memanfaatkan perkembangan dan kemajuan teknologi pengolahan air. Air yang sudah terpakai dapat menjadi air bersih yang layak pakai dengan pengolahan yang baik dan benar. Bahkan pada beberapa teknologi air yang sudah pernah terpakai dapat menjadi air minum.

Dengan adanya teknologi tersebut persediaan air bersih dan juga air minum dapat tersedia. Ketersediaan air bersih juga akan membantu mengatasi masalah kelangkaan air ke depan. Masalah kelangkaan air akan senantiasa timbul dengan bertambahnya populasi penduduk. Populasi penduduk akan selalu beriringan dengan adanya kebutuhan mendasar seperti ketersediaan air.

Ketersediaan air menggunakan teknologi akan kurang efektif apabila tetap bergantung pada mesin pengolah air tawar saja. Jenis air yang paling layak untuk mendapat perhatian lebih dan pengolahan lebih lanjut adalah air laut. Kandungan garam pada air lat memang sangat tinggi akan tetapi bukan berarti kadar tersebut tidak bisa kita olah.

Oleh karenanya kita mengenal proses desalinasi air laut untuk mengubah air laut menjadi air tawar. Mesin untuk menjalankan proses desalinasi air laut memiliki teknik yang bermacam-macam. Salah satu teknik yang lazim untuk saat ini adalah teknik reverse osmosis atau sea water reverse osmosis (SWRO).

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2022 Mitra Water

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »
error: Content is protected !!